BUKU

Filsafat untuk Para Profesional
F. Budi Hardiman (editor)
(Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2016, 227 p.)

Memberi inspirasi tidak dengan cara yang biasa-biasa saja. Di dalam buku ini pemikiran para filsuf dunia digali untuk memberi pencerahan bagi para profesional. Penilikan akan menyingkap bahwa kita saling menolong sebagai sesama manusia lewat profesi yang kita emban. Jadi, profesi bukan alat mata pencarian belaka, juga bukan kendaraan bagi ambisi-ambisi dan kepongahan manusia.

Penyelidikan lebih lanjut akan memperlihatkan bahwa profesi ikut membentuk identitas dan karakter, menjadi bagian pencarian makna hidup dan kebahagiaan, dan akhirnya juga menunjukkan manusia macam apa yang menyandangnya. Profesi adalah sarana untuk mengolah hidup yang baik dan menempa keutamaan. Ada jejak religius dalam kata profesi, yakni panggilan Tuhan.

Tilikan filosofis memang tidak selalu menghibur, cukup kerap menelanjangi pembenaran-pembenaran, dan tidak jarang menggelisahkan. Sesaat sesudah mengerutkan dahi, kita ditantang untuk meninggalkan zona-zona nyaman kita dan menata hidup kembali dengan lebih bijak. Sebuah buku yang menantang para profesional untuk merenungkan sisi kemanusiaan dalam profesi mereka.


Konsili Vatikan II
Agenda yang Belum Selesai
A. Eddy Kristiyanto, OFM (editor)
(Jakarta, Penerbit Obor, 2012, 260 p.)

Seri Teologi Driyarkara 01

Agenda yang belum selesai Konsili Vatikan II yang merupakan langkah maju dan dinamis yang diambil oleh Gereja Katolik secara radikal telah merubah hubungan ekumenis dalam 40 tahun terakhir ternyata belum sepenuhnya dapat memetik buah yang terbaik dari konsili tersebut sebab dalam kenyataannya belum semua Gereja di seantero dunia ini melakukan perubahan sesuai dengan harapan dalam semangat dan jiwa Konsili Vatikan II.

Seiring perkembangan dan kemajuan zaman, gagasan dalam konsili ini perlu dievaluasi secara arif dan kritis. Sumbangan dan pemikiran dari para Civitas Akademika STF Driyarkara dalam buku ini mengajak kita untuk ikut menelaah berbagai masalah aktual baik dalam Gereja maupun masyarakat terutama dalam hal pengembangan pengetahuan dan kehidupan menggereja pada umumnya.


Iman yang Merangkul Bumi
Peter C. Aman, OFM (editor)
(Jakarta: Penerbit Obor, 2012, 184 p.)

Seri Teologi Driyarkara 02

Driyarkara menegaskan bahwa dalam rangkaian Cinta Allah, manusia mengalami dirinya sebagai titisan kasih abadi, dan hal itu memampukan manusia untuk melihat sesama sebagai Putra Allah dan anggota keluarga Allah yang perlu diperlakukan dengan hormat dan kasih. Dengan demikian, iman akan Allah merupakan energi spiritual bagi setiap orang beriman dalam membangun relasi dengan sesama dan alam ciptaan, serta menjadi landasan bagi moralitas dan keadilan sosial.

Manusia dan alam adalah sesama dalam memuja dan menyembah Allah.


Credo dan Relevansinya
Ulasan Komprehensif Rumusan Iman Kristiani
RD. Josep Ferry Susanto (editor)
(Jakarta: Penerbit Obor, 2014, 172 p.)

Seri Teologi Driyarkara 03

Tema-tema yang diangkat dalam buku ini mengajak para pembaca untuk memahami lebih baik dan mampu merefleksikan secara mendalam Iman Gereja dan relevansinya dari berbagai bidang ilmu Teologi, seperti Kitab Suci, Dogma, Sejarah Gereja, Kristologi, Pneumatologi, Eklesiologi dan Soteriologi, Mariologi dan Spiritualitas. Diharapkan buku ini mampu menjawab berbagai kesulitan yang ada di tengah umat dan mampu memperkaya khazanah keimanan.