BUKU

Teologi Kontekstual
Adrianus Sunarko OFM
(Jakarta: Penerbit Obor, 2016, 456 p.)

“Pilihan beriman itu bukan semata-mata tindak kesalehan tanpa konsekuensi epistemologis. Pilihan beriman Kristiani berarti pilihan pada sebuah cara pandang atau paham tertentu tentang hal-hal yang sangat mendasar: tentang apa dan siapa itu realitas (termasuk Realitas Tertinggi), tentang bagaimana kita harus berprilaku …”

Refleksi teologis dalam buku ini tidak melulu terbatas pada tataran teoritis yang muluk-muluk, melainkan juga berbicara dalam tataran praktis nyata terkait dengan tema-tema yang disajikan.


Indahnya Mengikuti Kristus Sebagai Religius:
Kesaksian dan Pengalaman Hidup Bakti
dari Berbagai Anggota Tarekat Religius
Adrianus Sunarko, OFM (editor)
(Jakarta: Penerbit Obor, 2015, 406 p.)

“Bangunlah dunia! Berilah kesaksian tentang cara yang khas dan berbeda dalam bertindak dan dalam hidup. Tunjukkanlah bahwa di dunia ini ada kemungkinan untuk hidup secara berbeda.” – Pesan Paus Fransiskus kepada Para Religius.

Di zaman modern yang serba canggih dan semakin glamour ini, ketika banyak orang berlomba-lomba mencari harta, pangkat dan kenikmatan, masih ada sekelompok laki-laki dan perempuan yang memilih hidup berbeda dengan menjadi anggota tarekat religius tertentu, sebagai Imam, Bruder, dan Suster. Apakah mereka ini sedang lari dari kenyataan zaman? Ataukah orang-orang aneh yang tidak sanggup bergelut di dunia nyata sehingga bersembunyi di balik tembok biara? Bagaimanakan mereka bisa menghayati kaul kemiskinan, ketaatan dan kemurnian di tengah zaman yang mengagung-agungkan harta, kekuasaan dan kenikmatan seks? apa sesungguhnya yang mereka cari dan apa saja yang mereka lakukan untuk membangun dunia.

Masih banyak pertanyaan lain yang memberi kesan bahwa kehidupan seorang religius masih sebagai misteri bagi kaum awam. Buku ini menghadirkan beberapa kesaksian hidup dan pengalaman nyata dari para religius di tengah arus zaman yang berbeda ini. Kesaksian yang mencerahkan pikiran banyak orang dan meneguhkan panggilan hidup religius yang sedang dijalani.


Teologi Fundamental
Jilid 1: Allah Berharap Pada Manusia
Berteologi dengan Paradigma “Kebebasan”
Adrianus Sunarko, OFM
(Yogyakarta: Lamalera, 2014, 298 p.)


Dialektika Sekularisasi:
Diskusi Habermas – Ratzinger dan Tanggapan
Adrianus Sunarko, OFM & Paul Budi Kleden, SVD (editor)
(Maumere: Ledalero, 2010, 281 p.)